Wednesday, February 22, 2017

Rangkuman Kimi no Nawa "Your Name" | Spoiler Inside

Kimi No Nawa

                                 Anime - Your Name.  Mitsuha Miyamizu Taki Tachibana Kimi No Na Wa. Wallpaper


Pemeran :
Taki Tachibana (Ryunosuke Kamiki)
Mitsuha Miyamizu (Mone Kamishiraishi)
Miki Okudera (Masami Nagasawa)
Hitoha Miyamizu (Etsuko Ichihara)
Katsuhiko Teshigawara (Ryo Narita)
Sayaka Natori (Aoi Yuki)
Tsukasa Fujii (Nobunaga Shimazaki)
Shinta Takagi (Kaito Ishikawa)
Yotsuha Miyamizu (Kanon Tani)
Toshiki Miyamizu (Masaki Terasoma)
Futaba Miyamizu (Sayaka Ohara)
Yukari Yukino (Kana Hanazawa)


Kimi no Nawa merupakan anime besutan Comix Wave Films dan disutradarai oleh Makoto Shinkai. Film animasi ini di produksi pada tahun 2016. Kimi no Nawa bertema fantasi dan diperuntukkan untuk kalangan remaja. Cerita ini dimulai oleh kisah Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana yang secara ajaib dapat bertukar tubuh satu sama lain.

Mitsuha merupakan seorang siswi sekolah menengah atas yang tinggal di desa fiktif bernama Itomori di daerah pegunungan Hida Prefektur Gifu. Dia bosan dengan kota dan kehidupan yang dia jalani dan berharap dia menjadi seorang pemuda tampan yang tinggal di Tokyo. Ayahnya adalah seorang walikota di desa Itomori. Mitsuha dan adiknya kini tinggal bersama dengan neneknya setelah kematian Ibunya. Mitsuha memiliki dua teman akrab, yaitu Teshigawara Katsuhiko (Tessie) dan Sayaka Natori (Sayaka). Kemudian, Taki adalah seorang siswa menegah atas yang tinggal di Tokyo. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, taki bekerja paruh waktu pada sebuah restoran. Suatu waktu taki terbangun dari tidurnya dan menyadari bahwa dia sedang tidak berada di dalam tubuhnya, melainkan tubuh seorang wanita. Begitu juga dengan mitsuha, dia terbangun dan berada dalam tubuh taki. Pada awalnya, mereka mengira apa yang terjadi itu hanyalah sebuah mimpi. Dalam “mimpi” mereka, mereka membuat beberapa catatan yg mereka tuliskan di buku ataupun di ponsel mereka tentang apa yang mereka lakukan di hari itu. Setelah berulang kali mengalami “mimpi” itu, akhirnya mereka sadar bahwa itu bukanlah mimpi. Mereka meyadari bahwa mereka benar-benar saling bertukar tubuh.

Setelah menyadari apa yang sebenarnya terjadi, masing-masing dari mereka menetapkan aturan apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan untuk melindungi kehidupan mereka masing-masing. Serta menulis laporan tentang Semua hal yang terjadi selama “betukar tempat” untuk bekerjasama dalam memecahkan fenomena yang misterius tersebut. Dalam fenomena “bertukar tempat” ini, mitsuha membantu taki dalam mendekatkannya dengan seorang gadis rekan kerja taki, yaitu Miki Okudera. Berkat sikap ke feminiman yang dimiliki mitsuha, taki berhasil mendekati rekan kerjanya. Sedangkan sikap yang ditunjukan oleh taki di dalam tubuh mitsuha justru membuat mitsuha menjadi lebih dikenal dilingkungan sekolahnya dan menjadi idola baik dikalangan laki-laki maupun perempuan.

Mitsuha yang ada dalam tubuh taki kemudian membuat jadwal kencan dengan Miki dan yang menjalani jadwal kencan itu keesokan harinya adalah taki. Namun, kencan yang taki dan miki lakukan tidak berjalan lancar. Miki menyadari bahwa taki seperti orang yang berbeda dan merasa bahwa taki telah menyukai orang lain. Di hari kencan berakhir, taki melihat catatan yang dibuat mitsuha yang mengatakan setelah kencan berakhir akan ada meteor yang diramalkan akan terlihat melintasi bumi. Sejak hari itu, taki dan mitsuha tidak pernah bertukar tempat. Taki berusaha menggambar ulang tempat-tempat di desa itomori yang pernah dia kunjungi dengan tubuh mitsuha. Dia akhirnya memutuskan untuk menemui mitsuha secara langsung karena taki tidak bisa berhubungan dengan mitsuha menggunakan telfon ataupun pesan singkat.

Saat taki tiba di stasiun untuk berangkat, kedua rekannya, yaitu miki dan Fujii telah menunggunya untuk menemani perjalanannya menemui mitsuha. Perjalananpun dilakukan oleh mereka tanpa tahu letak tujuan mereka. Yang menjadi acuan hanyalah gambar sketsa yang dibuat oleh Taki sebagai gambaran untuk desa itu. Pencarian merekapun nihil. Saat mereka akhirnya memutuskan untuk kembali ke Tokyo, seorang pelayan toko melihat sketsa yang dibuat oleh Taki dan mengatakan bahwa itu adalah desa Itomori. Suami dari pelayan tersebut lahir di desa Itomori. Saat akhirnya Taki mengetahui desa dimana keberadaan Mitsuha tinggal, yang menunggunya hanyalah sebuah desa yang telah hancur oleh meteor 3 tahun lalu. Taki diantar oleh sang pelayan menuju desa Itomori. Prefektur yang ada sama persis dengan yang dibuat oleh Taki, namun telah hancur. Miki dan Fuji meyakinkan Taki bahwa mungkin ini adalah kesalahan, tidak mungkin memiliki teman di desa Itomori yang telah hancur 3 tahun lalu. Taki percaya yang terjadi antara dia dan Mitsuha adalah nyata dan bergegas mengakses ponselnya untuk melihat catatan yang dibuat oleh Mitsuha. Tetapi, catatan itu mendadak menghilang saat Taki membukanya.

Itomori adalah desa yang hancur akibat Komet Tiamat yang melintasi Bumi. Saat melintasi Bumi, inti dari meteor tiamat terbelah dan jatuh di desa Itomori tempat Mitsuha berada. Kejadian itu terjadi 3 tahun sebelum fenomena “bertukar tempat” yang dialami oleh Taki dan Mitsuha. Taki dan teman-temannya menyelidiki apa yang terjadi pada Itomori dan menemukan daftar korban tewas dan hilang pada peristiwa jatuhnya meteor. Taki terkejut saat dia melihat nama Katsuhiko Teshigawara, Sayaka Natori di daftar tewas. Kemudian Mitsuha Miyamizu. Padahal 2-3 minggu ini mereka masih saling “bertukar tempat”. Taki memutuskan untuk pergi sendiri ke kuil Miyamizu untuk memeriksa kuchikamisake yang dibuat oleh Mitsuha pada saat ritual klan Miyamizu. Di Kuil Miyamizu, Taki menyadari bahwa Mitsuha yang dia kenal berasal dari 3 tahun sebelumnya, yang berarti garis waktu mereka tidak sejajar. Taki meminum Kuchikamisake Mitsuha, berharap dapat memutar waktu dan diberikan 1 kesempatan lagi. Namun tidak ada yang terjadi.

Ketika Taki akan berdiri, dia terpeleset kemudian kepalanya terbentur dan Taki melihat gambaran meteor di langit-langit Goa. Selanjutnya yang Taki lihat adalah visualisasi kehidupan Mitsuha. Taki menyadari, bahwa sehari sebelum meteor jatuh, mitsuha berusaha datang ke Tokyo untuk menemui Taki. Namun saat itu fenomena “bertukar tempat” belum dialami oleh Taki sehingga saat Mitsuha datang menemui Taki, Taki tidak mengenalinya. Taki terbangun dan yang dia dapati adalah dirinya berada dalam tubuh Mitsuha. Di hari dimana Meteor akan jatuh menimpa Itomori. Takipun berencana untuk mengevakuasi seluruh warga Itomori sebelum meteor jatuh. Bersama kedua teman Mitsuha yakni Tessie dan Sayaka, Taki menyusun rencana pengevakuasian. Taki berusaha memberitahu ayah mitsuha yang merupakan wali kota Itomori tetang meteor yang akan jatuh, tapi tentu saja ayahnya tidak percaya dengan apa yang Taki Katakan. Tidak ada yang mempercayai apa yang Taki katakan. Lalu Taki menyadari, bila sekarang dia ada di dalam tubuh Mitsuha, maka Mitsuha pasti ada di dalam tubuh Taki yang terjatuh di dalam Kuil Miyamizu. Taki bergegas menuju Kuil Miyamizu untuk bertemu dengan Mitsuha. Di puncak gunung tempat Kuil Miyamizu berada, Taki dan Mitsuha dapat saling mendengar namun tidak dapat saling melihat. Kemudian pada saat senja “Kawatare-doki”, Taki dan Mitsuha dapat bertemu. Taki menjelaskan bagaimana dia bisa berada di Kuil Miyamizu untuk bertemu kembali dengan Mitsuha. Taki mengatakan untuk menulis nama di tangan masing-masing. Agar saat terbangun nanti tetap dapat mengingat satu sama lain. Takipun menuliskan namanya di tangan Mitsuha. Tetapi saat Mitsuha akan menuliskan namanya, durasi “Kawatare-doki” telah habis dan mereka tidak dapat melihat satu sama lain lagi. Taki terus memanggil nama Mitsuha namun tidak ada jawaban. Perlahan ingatan Taki tentang Mitsuha menghilang dan Dia lupa akan alasan Dia berada di puncak gunung seolah baru terbangun dari tidur dan berusaha mengingat mimpinya.

Di lain sisi, Mitsuha yang setelah bertemu dengan Taki di puncak gunung, berlari turun gunung untuk berusaha mengevakuasi warga kota Itomori sebelum meteor jatuh. Dia bertemu dengan rekannya, Tessie, di area gardu listrik kota dan berencana untuk meledakkannya. Setelah semua listrik kota padam, rekannya yang lain, Sayaka, mengambil alih mikrofon kota untuk memberikan informasi bahwa ada kebakaran hutan dan seluruh warga diminta untuk mengevakuasikan diri mereka ke SMA Itomori, dimana tempat yang tidak terkena dampak jatuhnya Komet Tiamat. Dengan begitu, semua warga akan berusaha mengevakuasikan diri mereka ke SMA Itomori. Saat Mitsuha dan Tessie sedang berupaya mengevakuasi warga, Mitsuha melupakan nama “Taki”. Mitsuha tidak dapat mengingat orang yang dicintainya. Usaha mereka terhenti saat Sayaka yang sedang menyiarkan radio tertangkap oleh pegawai sekolah kemudian pengumuman diambil alih oleh kantor walikota yang memberitahukan bahwa penyebab suara ledakan masih dalam penyelidikan dan mengharapkan bahwa warga tetap pada tempat mereka masing-masing. Mitsuha berlari untuk membujuk ayahnya kembali untuk mengevakuasi semua orang. Dalam perjalanannya Dia terjatuh dan teringat akan apa yang Taki katakan bahwa mereka saling menulis nama di tangan agar saat bangun nanti mereka tidak akan melupakan satu sama lain. Mitsuha pun membuka tangan yang telah dituliskan oleh Taki. Namun yang Dia lihat bukanlah nama Taki, melainkan kalimat “Aku mencintai Kamu”. Mitsuha yang terjatuh bangkit dengan tekad bulatnya kemudian berlari menuju ayahnya.


5 tahun berlalu setelah fenomena bertukar tubuh yang dialami oleh Taki dan Mitsuha. Taki tidak bisa mengingat apa yang Dia lakukan di pegunnungan Hida dan untuk apa Dia kesana. Namun selama ini Taki merasa seperti selalu mencari sesuatu. Mencari Seseorang. Pada saat Taki berada di kereta sambil melihat pemandangan diluar, yang Dia temui adalah mitsuha yang berada disebrang menggunakan kereta yang lain. Taki menyadari bahwa itu adalah “seseorang” yang selama ini Dia cari. Setelah tiba di stasiun, masing-masing Taki dan Mitsuha saling mencari satu sama lain dan akhirnya mereka dapat bertemu di suatu tempat. Mereka saling ragu untuk berbicara, tapi untuk mencari kebenaran yang selama ini Taki cari, Taki memulai pembicaraan dan bertanya apakah mereka pernah bertemu sebelumnya. Tentu Mitsuha pun merasakan hal yang sama. Mereka bersamaan bertanya “Siapa namamu?”

No comments:

Post a Comment